IAMI Call for Essay and Paper
DIGITALISASI DAN PROSPEK BISNIS BUMN SEBAGAI LOKOMOTIF PEMBANGUNAN EKONOMI BANGSA

Kemajuan dunia teknologi membuat kehidupan manusia semakin mudah dan semakin dimanjakan, di sisi lain teknologi juga menyebabkan semakin berkurangnya peran manusia dalam banyak hal. Era ekonomi digital memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan era sebelumnya dan merupakan hal yang tidak bisa kita hindari, mengingat semakin banyak orang terhubung dengan teknologi. Dengan komitmen yang serius dari berbagai pihak, kita dapat memperoleh manfaat besar dari gelombang digital ekonomi. Era digital ditandai dengan terutama kemunculan dari Internet of Things, Network, Integrated System, Cloud Computing, Big Data, Autonomous System, dan Cyber Security. Revolusi industri ini adalah tren terbaru teknologi yang sedemikian rupa canggihnya, yang berpengaruh besar terhadap proses produksi pada sektor manufaktur, sektor perdagangan dan keuangan. Era ini membawa dampak pada pertumbuhan yang sangat pesat dari economy digital seperti e-commerce, financial technology (fintech), meningkatkan kemudahan akses atas informasi, koneksi internet, munculnya artificial intelligent (AI), big data, dan otomatisasi proses yang dapat dapat dimanfaatkan oleh para Akuntan Manajemen untuk meningkatkan produktifitas dan profitabilitas bagi perusahaan.

Akuntan Manajemen dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas informasi, keandalan pelaporan, melakukan big data analysis, menghasilkan data secara real time dan otomatis, melakukan inquiry data, dan traceable data secara lebih cepat dan akurat dalam era digitalisasi. Akuntan Manajemen juga dituntut untuk lebih berperan memberikan analysis dan business advisory yang akan digunakan sebagai penentu sasaran strategis perusahaan.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan lokomotif penggerak perekonomian nasional karena jumlahnya yang banyak, menguasai berbagai sumber daya milik negara, dan memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Era digital tentunya juga akan membawa banyak pengaruh pada pengelolaan BUMN untuk dapat bersaing dengan perusahaan swasta maupun dengan perusahaan-perusahaan startup (termasuk fintech) yang banyak bermunculan dan menarik minat masyarakat. Akuntan Manajemen di perusahaan BUMN memegang peranan sangat penting untuk menjaga BUMN tetap dalam arah yang benar dengan cara meningkatkan kompetensinya dibidang perancangan desain, business process advisory, analisa atas informasi yang dihasilkan oleh sistem terintegrasi, dan menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi pengambilan keputusan strategis di perusahaan BUMN.

IAMI Call for Essay and Paper 2019 merupakan kegiatan tahun pertama yang dilakukan oleh IAMI bersama para akademisi dan diharapkan akan memberikan masukan-masukan bukan hanya bagi para Akuntan Manajemen di BUMN tetapi juga untuk para pemangku kepentingan (stakeholders) BUMN. Penelitian merupakan fondasi yang sangat baik untuk digunakan dalam pengembangan sebuah BUMN. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dunia professional dan dunia akademik akan dapat bersama-sama bersinergi untuk kepentingan BUMN dalam membangun negara.

Sekretariat Panitia