Tujuan Penyelenggaraan Program PPL

Pengembangan Profesional Berkelanjutan (Continuing Professional Development) yang biasa disingkat dengan PPL atau PPB merupakan kegiatan pengembangan diri dan pembelajaran secara terus menerus.  Sebagai salah satu profesi akuntan,  para pemegang sertifikasi profesi – CPMA (Certified Professional Management Accountant), wajib memiliki tanggung jawab untuk terus menerus memutahirkan dan mengembangkan pengetahuan dan kompetensi profesionalnya.  

Karakteristik dari Akuntan Manajemen di antaranya adalah dapat memberikan jasa profesinya dalam multi peran, yakni sebagai konsultan yang membuka praktik individu atau kelompok,  atau sebagai profesional yang bekerja di Entitas perusahaan swasta/BUMN serta juga sebagai instruktur, pembicara seminar dan pendidik.  Pengembangan kompetensi dan pengetahuan merupakan tanggung jawab mutlak tiap individu Akuntan Manajemen. Oleh karena itu,  program PPL ini dapat dikategorikan dalam dua aktivitas, yakni:

  • Program yang berorientasi pada pengakuan kompetensi dari karya dan prestasi individu (output -based).
  • Program yang berorientasi pada pengakuan atas aktivitas terstruktur dari pengetahuan dan ketrampilan  dalam bentuk pelatihan, lokakarya/workshop, seminar dan sejenisnya (input-based).   

Program PPL ini tidak disebut sebagai pendidikan tetapi merupakan suatu pengembangan kompetensi dan pengetahuan yang berkaitan dengan profesi Akuntan Manajemen, yakni, sesuai dengan Sertifikasi CPMA, dibagi dalam empat Modul utama:

  1. fundamental bisnis,
  2. akuntansi manajemen  & pelaporan keuangan,
  3. manajemen strategik,  
  4. corporate governance & manajemen risiko.

 

Tujuan Penyelenggaraan Program PPL

Adapun tujuan utama dari penyelenggaraan Program PPL adalah:

  1. Mendorong anggota untuk memelihara, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi profesional Akuntan Manajemen secara berkesinambungan.
  2. Membekali anggota dengan pengetahuaan dan keahlian mutakhir di bidangnya sehinga mampu menerapkannya dalam menjalankan tugas dan kewajiban profesional sebagai Akuntan Manajemen.
  3. Menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada profesi Akuntan Manajemen dengan menunjukkan bahwa Akuntan Manajemen memiliki standar etika dan kompetensi profesional sesuai dengan harapan masyarakat pengguna jasa.

FIND US ON THE MAP

Sekretariat
Institut Akuntan Manajemen Indonesia

UNIKA ATMAJAYA
Gedung Yustinus Lantai 2
Jl. Jenderal Sudirman No.51, Jakarta, Indonesia
T : 021 - 2911 0745 E: info.iami1@gmail.com
SMS Center : 0812-8949-2339