Wisuda CPMA dan PPL: Transformasi Akuntan Manajemen Dalam Menghadapi Ekonomi Digital

03 September 2018 14:23:00

Institut Akuntan Manajemen Indonesia bekerjasama dengan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Sekretariat Jendral Kementerian Keuangan telah mengadakan Pendidikan Profesional Berkelanjutan yang dilaksanakan bersamaan dengan Wisuda CPMA Angkatan ke XXIII dan XXIV dan penyerahan sertifikat ASEAN CPA di Gedung Aula Notohamiprodjo Kementerian Keuangan pada tanggal 30 Agustus 2018.

Pada kesempatan kali ini PPL dengan tema “Transformasi Akuntan Manajemen dalam Menghadapi Ekonomi Digital” mengundang Bapak Indra Utoyo selaku Direktur Teknologi Informasi dan Operasi PT. Bank BRI, Tbk dan Bapak Anthony Kosasih selalu Direktur Operasional Jurnal.id untuk berbagi pengalaman dalam dunia digital yang berdampak pada proses akuntansi.

Menurut Bapak Indra Utoyo perkembangan era digital saat ini mau tidak mau membuat perusahaan-perusahaan harus berinovasi dan memiliki terobosan dibidang teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (pemakai). Menurut beliau perusahaan yang belum bertransformasi atau belum mengimplementasikan digitalisasi dalam proses bisnisnya, akan kehilangan 9% dari potensi pendapatannya.

 Masyarakat saat ini mendambakan transaksi yang praktis dan efisien. Peluang ini juga yang menjadikan Bapak Anthony Kosasih bersama teman-temannya dalam Jurnal.id untuk membuat start up yang menggabungkan pengetahuan mereka dibidang akuntansi dengan teknologi yang ada saat ini sehingga menjadii konsultan/ penyedia jasa akuntasi berbasis cloud dengan harga yang bisa dijangkau oleh para pebisnis pemula.

Dengan adanya era digital ini, bukan tidak mungkin peran akuntan akan tergeser oleh mesin khususnya untuk pekerjaan clerical. Namun demikian salah satu peran akuntan manajemen yang tidak dapat digantikan oleh mesin adalah proses menganalisa dan pengambilan keputusan.

Oleh : Rio Brahmanto, CPMA

FIND US ON THE MAP

Sekretariat
Institut Akuntan Manajemen Indonesia

UNIKA ATMAJAYA
Gedung Yustinus Lantai 2
Jl. Jenderal Sudirman No.51, Jakarta, Indonesia
T : 021 - 2911 0745 E: info.iami1@gmail.com
SMS Center : 0812-8949-2339