Ujian CPMA

TENTANG CPMA

Profesi akuntan manajemen sebagai salah satu profesi penting yang menunjang proses menghasilkan nilai tambah dalam aktivitas bisnis dituntut memiliki kompetensi yang tinggi sehingga mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam lingkungan kerja nyata (real working environment). Untuk itu seorang akuntan manajemen dituntut memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude) profesionalisme yang tinggi dalam bidang terkait seperti bidang akuntansi manajemen, manajemen keuangan, bisnis dan manajemen informasi. Dengan demikian seorang akuntan manajemen yang kompeten adalah yang memiliki kemampuan intelektual, strategis, teknis dan fungsional, kemampuan personal, kemampuan komunikasi dan interpersonal, serta kemampuan manajemen dan organisasional dalam bidang dimaksud.

Ujian CPMA diselenggarakan pertama kalinya di Indonesia oleh Institut Akuntan Manajemen Indonesia (d/h Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Manajemen) pada tahun 2006 yang merupakan suatu ujian profesi sebagai suatu sistem saringan yang baku bagi mereka yang mempunyai keahlian dalam profesinya di bidang Akuntansi Manajemen. Ujian Certified Professional Management Accountant (Ujian CPMA) merupakan salah satu praktik internasional terbaik untuk mengukur kompetensi dalam bidang akuntansi manajemen dan bidang-bidang lain yang terkait. Ujian CPMA dimaksudkan pula sebagai salah satu strategi pengembangan profesi akuntan manajemen di Indonesia dalam rangka menghadapi arus globalisasi yang ditandai dengan perdagangan bebas dalam produk dan jasa termasuk jasa akuntansi.

Ujian CPMA dilaksanakan dalam 2 (dua) periode setiap tahun, yaitu Periode I : bulan Mei dan Periode II : bulan November.

 

TUJUAN UJIAN CPMA

  1. Meningkatkan penguasaan (proficiency) peserta atas pengetahuan dan kompetensi di bidang akuntansi manajemen dan bidang lainnya yang terkait.

  2. Menjadi ukuran mutu bagi para stakeholders atas penguasaan bidang ilmu akuntansi manajemen dengan segala aspeknya yang terkait. 

  3. Mendorong mutual recognition atas sertifikasi sejenis dari negara-negara lain.

  4. Memberikan peluang bagi peserta dengan latar belakang non-akuntansi untuk mendapatkan     kompetensi dalam bidang akuntansi manajemen dan bidang lain yang terkait.

 

SEBUTAN DAN SERTIFIKASI

Peserta yang telah dinyatakan lulus untuk semua mata ujian berhak memperoleh sebutan "Certified Professional Management Accountant" (CPMA). Sertifikat akan dikeluarkan oleh Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI). Peserta yang sudah lulus CPMA memperoleh pengakuan atas kompetensinya dalam bidang akuntansi manajemen, manajemen keuangan dan manajemen informasi, sehingga mempunyai kualifikasi baik sebagai Akuntan Manajemen dalam melaksanakan fungsi dan tugas yang terkait.

 

DEWAN CERTIFIED PROFESSIONAL MANAGEMENT ACCOUNTANT (CPMA)

Pengarah                    :

Dr. Gatot Trihargo, SE, Ak., CA., MAFIS, QIA, CFE, CPMA, ASEAN CPA

Dr. Binsar H. Simanjuntak, CMA, CPMA

 

Ketua                          : Franky Jamin, FCCA, FCMA, CGMA, CSRS, CSRA, CPMA, ASEAN CPA

Wakil Ketua I              : Prof. Dr. Adji Suratman, Ak, CPMA, ASEAN CPA

Wakil Ketua II              : Dr. Gede Harja Wasistha, CMA, CPMA

 

Anggota :

Dr. Christina Juliana, CPMA, ASEAN CPA

Dr. Hendang Tanusdjaja, MM, Ak, CPA, CPMA, ASEAN CPA

Mohamad Hassan, Ak.MAFIS, CPMA, ASEAN CPA

Misbahul Munir, Ak.MBA, CPMA, ASEAN CPA

Meidyah Indreswari, SE.Ak, MSc, Ph.D., CKM, CCSA, CRMA, CFrA, CA, CPMA, ASEAN CPA

FIND US ON THE MAP

Sekretariat
Institut Akuntan Manajemen Indonesia

UNIKA ATMAJAYA
Gedung Yustinus Lantai 2
Jl. Jenderal Sudirman No.51, Jakarta, Indonesia
T : 021 - 2911 0745 E: info@iamiglobal.or.id
  Whatsapp : +62 8190 9042 008